Kecamatan Jetis Paripurna Kukuhkan KIM di Setiap Desa

0
289

SELURUH desa di Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo telah membentuk kelompok informasi masyarakat (KIM). Pengukuhuan 14 KIM di 14 desa yang ada di Kecamatan Jetis tersebut berlangsung Selasa (21/3/2023).

Berkat koordinasi, sosialisasi dan sinergisitas bekerjasama dengan Dinas Kominfo, sebagai upaya percepatan realisasi amanat Surat Edaran (SE) Bupati Ponorogo Nomor 140/3241/405.19/2022. tentang pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) desa di kecamatan Jetis akhirnya terwujud.

Pengukuhan 14 KIM di Kecamatan Jetis ditandai ikrar bersama tentang tugas dan fungsi kelompok informasi masyarakat ini.

Jetis mencatatkan diri sebagai kecamatan di Kabupaten Ponorogo yang paripurna membentuk KIM di setiap desa.

Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Kominfo dan Statistik Ponorogo Supriyono mengungkapkan peran strategis KIM di tengah derasnya informasi belakangan ini. Mulai pengelolaan informasi, penyalur aspirasi, hingga menjembatani kesenjangan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah.

‘’KIM juga berperan mendorong pertumbuhan ekonomi,’’ kata Supriyono.

Menurut dia, KIM sebagai lembaga juga dapat melakukan aktivitas perdagangan, dan industri melalui pasar online. Terjalin jaringan komunikasi dan informasi yang kuat bersamaan pembentukan KIM di setiap desa. Apalagi, menyebarkan informasi kepada kelompok masyarakat lebih cepat dibandingkan dengan penyampaian langsung kepada individu-individu.

‘’KIM mendiskusikan informasi, mendayagunakannya, menyebarluaskan, sekaligus menyerap dan menyalurkan aspirasi ke masyarakat sekitar,’’ terangnya. (tim kominfo)