Tingkatkan Kualitas Literasi Karang Taruna Desa Bajang, Kominfo Bekali Ilmu Jurnalistik

0
79
Mohamad Ismail, Camat Mlarak saat membuka acara pelatihan jurnalistik

Puluhan Pemuda – Pemudi Karang Taruna Sinar Harapan mengikuti pelatihan jurnalistik yang disampaikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ponorgo di Kantor Kepala Desa Bajang kecamatan Mlarak, Rabu (15/01) . Acara yang diselenggarakan Pemerintah Desa Bajang ini bertujuan meningkatan kualitas SDM Pemudanya sebagai pewarta desa.

Mohamad Ismail, Camat Mlarak saat membuka acara tersebut mengatakan, pentingnya pengetahuan jurnalistik agar nantinya informasi yang disampaikan sesuai kaidah, sehingga tidak menjadi informasi yang menyesatkan.

Andri Hendhratmoyo, Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo

Senada dengan itu, Andri Hendhratmoyo, Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo saat memberikan pengantar pelatihan jurnalistik ini mengatakan, dengan adanya pelatihan ini di harapkan pemuda Karang Taruna Desa Bajang bisa memberitan Potensi Desanya.

“Berita yang dibuat bisa di publikasikan di website dan sosial media desa, harapan kami nantinya Karang Taruna Desa Bajang bisa memberitakan potensi desa ataupun kegiatan desa secara benar dan cepat yang dapat diterima masyarakat” ucapnya.

Sugeng Tri Wiyono saat menyampaikan materi jurnalistik

Lanjut Andri, kedepan Dinas Kominfo akan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Bajang sebagai agen informasi pemerintah desa yang berperan menyampaikan informasi pemerintah kepada masyarakat, dari masyarakat kepada pemerintah dan juga sebagai kepanjangan tangan Pemerintah Daerah.

“Dalam waktu dekat ini kami ingin membentuk KIM Desa Banjang dan nantinya bisa dikembangkan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa.” tambahnya.

Peserta pelatihan

Acanya dilanjutkan materi jurnalistik yang disampaikan oleh Sugeng Tri Wiyono selaku wartawan senior sekaligus pembina KIM dari Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. Peserta pelatihan tampak khidmat mengikuti pelatihan jurnalistik dasar tentang 5W 1H. (Kominfo/one)