Unida Gontor Studi Kunjungan ke Dinas Kominfo Ponorogo

0
270

Dalam rangka pendalaman materi mengenai Sistem Informasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), puluhan mahasiswa D4 Universitas Darussalam Gontor melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo, Senin (2/3/2020).

Sebagai narasumber dalam acara ini Kasi Aplikasi dan Pengembangan SDM TIK Dinas Kominfo Ponorogo Handi Setyawan. Ia memaparkan Sistem Informasi yang digunakan di Kabupaten Ponorogo. Dijelaskannya, terdapat kurang lebih 135 aplikasi yang digunakan oleh Pemkab Ponorogo dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terutama untuk mendukung Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Kasi Aplikasi dan Pengembangan SDM TIK Dinas Kominfo Ponorogo Handi Setyawan saat memberikan paparan kepada para mahasiswa Unida saat studi kunjungan di Diskominfo Ponorogo, Senin (2/3/2020).

“Terdapat sejumlah sistem utama pada Sistem Informasi di Pemkab Ponorogo. Di antaranya adalah SI Perencanaan, SI Kepegawaian, SI Pengaduan, SI Monitoring, SI Pengadaan Barang dan Jasa, SI Pelayanan, WAROG, serta SI Pengumpulan Data, dan khusus untuk Sistem Informasi K3 di Kabupaten Ponorogo belum ada,” ungkapnya.

Dari delapan sistem informasi tersebut ada berbasis android dan ada pula yang berbasis website. Salah satu sistem yang ditujukan untuk masyarakat Kabupaten Ponorogo yang ingin melakukan pengaduan yaitu pada SI Pengaduan.

Pada sesi tanya jawab, sejumlah pertanyaan terkait pelaksanaan SPBE dan pengelolaan data di Ponorogo dilontarkan peserta kegiatan. Termasuk di antaranya tentang cara-cara membuat aplikasi berbasis android, pembuatan sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan sistem lain yang dibutuhkan.

Sekretaris Diskominfo Ponorogo Gulang Winarno saat menerima cindera mata dari Unida.

Sementara, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Ponorogo Gulang Winarno menyatakan, Diskominfo Ponorogo siap untuk menjadi tempat kuliah kerja praktek bagi mahasiswa yang memiliki jurusan atau keilmuan yang linier atau sejalan.

“Monggo saja kalau ada yang ingin magang di sini untuk melihat dan berlatih langsung pada keilmuan yang linier. Sejak beberapa tahun terakhir sudah banyak mahasiswa yang kerja praktek di sini. Baik dari perguruan tinggi swasta, negeri, dalam Ponorogo maupun dari luar Ponorogo,” kata Gulang.

Para peserta kegiatan studi kunjungan Unida sat berfoto bersama di depan gedung Diskominfo Ponorogo

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Unida kepada Diskominfo Ponorogo. Pada mahasisda tidak lupa berfoto bersama di depan gedung Diskominfo Ponorogo. (kominfo/diq/dist)