Bimtek Pengelolaan Keamanan Informasi dan Data

0
489
Dinas Kominfo Ponorogo Bersama Narasumber dari Lembaga Sandi Negara
Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan keamanan informasi di lingkungan pemerintah kabupaten ponorogo. Rabu (08/11) bertempat di Maesa Hotel Ponorogo.
Hadir dalan bimtek sebagai narasumber, Christyanto Noviantoro, S.H., M. H. Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Tatalaksana Direktorat Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia.
Christyanto Noviantoro dalam paparannya menegaskan, dampak positif dan negatif perkembangan TIK. Teknologi memudahkan kita untuk bertransaksi, namun keamanannya harus tetap dijaga, mengingat banyak pengguna yang mengabaikan security dan privacy, lebih mementingkan kecepatan dan kemudahan komunikasi.
“Teknologi memudahkan kita untuk bertransaksi, namun keamanannya harus tetap dijaga. Dari situ muncullah kerawanan terhadap informasi sehingga menimbulkan tindak kejahatan siber/Cyber crime (Hacker, virus, fraud , dsb)” Terang Christyanto.
Selain itu dalam penutup materinya Christyanto berpesan “Kunci dari keberhasilan kemanan informasi adalah kesadaran keamanan informasi (securiry awareness) yaitu pengetahuan dan perilaku individu dari organisasi terhadap perlindungan suatu aset informasi”
Dilanjutkan materi kedua, Praktek mengamankan Informasi dan data.