Kesulitan Kelola Website, Dua Admin OPD ke Kominfo

0
224

Untuk menambah pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) admin OPD terhadap pengelolaan website, Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo sebagai OPD yang berhubungan dengan teknologi dan informasi pada hari ini Kamis (14/2) melatih admin Kec. Sambit dan admin Kec. Slahung.Kedua admin kecamatan ini mengalami kesulitan tentang pengelolaan website sambit.ponorogo.go.id, slahung.ponrorogo.go.id dan penguploadan data di ppid.ponorogo.go.id.

Admin OPD Kecamatan Sambit saat praktek penulisan berita

“Kami mengalami kesulitan untuk pengelolaan website sambit.ponorogo.go.id dan penguploadan data di ppid.ponorogo.go.id. Penguploadan gambar dan penulisan berita untuk website Kecamatan Sambit belum bisa, makanya kemarin kami telpon Kominfo untuk hari ini (Kamis, 14/2) ke Kominfo untuk belajar”,ujar Muh. Fatkurrohman, admin Kec. Sambit. Kendala yang sama juga dialami oleh admin Kecamatan Slahung.

Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo, menyambut baik ada admin OPD yang aktif dan interaktif bertanya jika ada kendala pengelolaan website, kebanyakan dari admin OPD memang banyak yang masih belum mahir dalam menulis berita. Dalam penulisan berita yang utama adalah 5W + 1H (who =siapa, what=apa, where=dimana, when=kapan, why=mengapa, how=bagaimana).

Admin OPD Kecamatan Slahung saat praktek pengelolaan website OPD

“Teman – teman admin OPD mengalami kesulitan pengelolaan website OPD karena belum terbiasa, dan baru tahu mengenai dashboard website. Apalagi setiap tahunnya ada OPD yang berganti admin baru, sehingga harus membimbing dari awal lagi,” ungkap Lala, admin utama PPID Kominfo.

Lebih lanjut Suharno, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik menambahkan Dinas Kominfo dan Statistik siap untuk membantu admin – admin OPD dalam pengelolaan website masing-masing. “ Silahkan ke Kominfo untuk belajar pengelolaan website, disini teknisi Kominfo siap dan terbuka membimbing pengelolaan website OPD masing – masing.” jelas Harno.

Pengelolaan website OPD dan pengisian wesbite ppid.ponorogo.go.id merupakan amanat dari undang – undang no.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. (Kominfo/one)