Semarakkan Grebeg Suro, PPBI Pamerkan Bonsai Harga Fantastis

0
35

Pameran bonsai tingkat Jawa Timur menjadi salah satu kegiatan meramaikan Grebeg Suro sambut 1 Muharam 1441 H di Ponorogo. Kegiatan yang digelar pada 21-31 Agustus 2019 di Halaman Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo diikuti sedikitnya 79 peserta dari beberapa daerah di Jatim.

Peserta pameran bonsai antara lain dari Madiun, Ngawi, Pacitan, Tulungagung, dan Nganjuk. Adapun jenis bonsai yang dipamerkan meliputi Fikes, Serut, Asam Jawa, Beringin, Kimeng, Prih, Arabica, Anting Putri, Kriyanti, Radika dan lain-lain.

“Tahun ini, bonsai paling banyak berasal dari Tulungagung, yakni enam pohon,” ujar anggota Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Cabang Ponorogo Sudarsono.

Pameran sendiri telah dipersiapkan dimulai sejak 18 Agustus. Sejak pagi sejumlah panitia telah sibuk menata puluhan pot berisi bonsai di area Halaman Pendopo Agung Ponorogo. Di hari pertama pameran, ratusan pengunjung telah memadati lokasi pameran bonsai.

Salah satu pengunjung, Hadisin mengungkapkan, kecintaannya kepada bonsai dimulai sejak tahun 1988. “Merawat bonsai itu hobi yang menyenangkan. Selain jadi hobi, bonsai juga bernilai jual tinggi,” tuturnya.

Dalam pameran ini, salah satu bonsai unik adalah koleksi salah satu peserta yang ternyata sudah berumur dua puluh tahun. Bonai unik ini ditawarkan dengan harga Rp 20 juta.

Sudarsono menuturkan, pameran kali ini berhasil menyedot minat dan animo masyarakat. Menurutnya, animo masyarakat terhadap pameran bonsai ini sangat tinggi. Terbukti, banyak sekali pengunjung yang meminta bertemu dengan kolektor untuk melakukan transaksi.

Sudarsono sangat bersyukur atas diselenggarakannya pameran bonsai ini. Karena selain mengembangkan hobi, gebyar bonsai bisa menjadi sarana untuk menyambung silaturahim sesama penggemar bonsai di wilayah Jawa timur. Pameran ini menjadi momen PPBI sebagai ajang memperkenalkan bonsai kepada masyarakat untuk melahirkan generasi pecinta tanaman kerdil serta perwujudan program pemerintah terkait ekonomi kreatif di Ponorogo. (Kominfo/PKL/IAIN*)