Kompilasi Berita HOAX Kementerian Kominfo part III

0
122

Berikut ini adalah lanjutan dari beberapa isu HOAX yang sudah terverifikasi oleh Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Kominfo :

  1. Metro TV menyiarkan “will connolly ternyata pengagum jokowi”

Penjelasan:Beredar capture gambar metro tv yang memperlihatkan will connolly, seseorang yang menyerang senator australia menggunakan telur karena pernyataannya yang kontroversial perihal teror new zealand.

Dalam judul capture tersebut dituliskan “penyerang senator australia anti islam ternyata pengagum jokowi”

Faktanya gambar tersebut adalah tidak benar.

Setelah ditelusuri gambar tersebut merupakan konten asli yang dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Gambar figur will connolly yang digunakan merupakan gambar yang diambil dari situs dailymail.co.uk yang terbit pada tanggal 16 maret 2019.

Sedangkan frame metro tv yang digunakan merupakan berita yang dipublikasikan oleh metro tv tanggal 15 Maret 2019 dengan judul “melanggar hukum tapi salahkan jokowi”. Waktu dan running text yang dicatut pengunggah gambar tersebut pada jam 16:07 wib dan tulisan sama persis dengan yang ditayangkan oleh metro tv.

Link counter:

https://www.dailymail.co.uk/news/article-6816145/Dramatic-moment-Fraser-Anning-punches-young-man-egged-protest-rally.html https://www.facebook.com/official.jabarsaberhoaks/posts/265473887720538?__tn__=-R

2. Negara Indochina dimana letaknya?

Penjelasan : Belakangan ini di media sosial tengah ramai netizen membicarakan tentang Indochina. Belum lama akun twitter resmi Haikal Hassan membagikan sebuah foto kontainer bertuliskan INDOCHINA. Beberapa postingan di media sosial juga membahas tentang istilah Indochina. Namun ada beberapa postingan  bernarasi provokatif yang menyebabkan disinformasi dikalangan masyarakat. Bahkan sebuah postingan di facebook mempertanyakan letak negara Indochina. Faktanya istilah Indochina memang benar ada namun Indochina bukanlah nama sebuah negara, dan bukan pula peleburan antara negara indonesia dan china. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum begitu memahami bahwa yang dimaksud dengan Indochina atau yang juga disebut dengan semenanjung Indochina adalah wilayah di Asia Tenggara. Karena berada di timur India dan selatan Tiongkok, budaya Indochina sangat erat dengan budaya Tiongkok dan India. Sepeti nama Vietnam yang menunjukan pengaruh Tiongkok, dan nama Kamboja, Laos, Thailand, dan Myanmar merupakan pengaruh India. Terkait istilah Indochina digunakan dalam kontainer Southern Hauliers dikarenakan perusahaan jasa pengiriman barang dalam kontainer itu beroperasi di daerah Tiongkok/China, Malaysia, Laos, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Jadi, perusahaan itu tidak menjamah wilayah Indonesia.

Link Counter :

https://id.wikipedia.org/wiki/Indochina https://turnbackhoax.id/2016/12/27/disinformasi-indochina-penyebutan-untuk-negara-baru-indonesia-china/?fbclid=IwAR1Fhr3Hs_FmXJkU1uaEYY-RuoHNvEiyuHvMnpPUB__hpex2WhG3qNPg3pE

3. Surat suara sudah tercoblos bertebaran dimiliki warga

Penjelasan : Telah beredar sebuah postingan berupa foto yang berisi beberapa orang memegang surat suara Pemilu dalam postingan tersebut di beri keterangan seakan-akan terjadi kecurangan KPU dan Rezim PKI Jokowi bahwa surat suara telah di terima oleh masyarakat. Faktanya hal tersebut adalah Hoaks terkait dengan pemilih luar negeri yang akan mencoblos via pos memang sudah waktunya surat suara terkirim pada tanggal 8 Maret 2019 tetapi perhitungan akan di lakukan serentak pada tanggal 17 april 2019. Postingan tersebut menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran mengenai “Kecurangan kerjasama antara Pemerintah dengan KPU” dan hal tersebut sangat meresahkan dan menyesatkan masyarakat.

Link Counter :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190320161020-32-379112/kpu-sebut-pemilih-di-luar-negeri-sudah-mulai-mencoblos?fbclid=IwAR14clJlXRKBjiuVq7DC_2T_BHTetUe4lurRR4gJNlPBPf7KZFuxcqNgBgIhttp://surabaya.tribunnews.com/2018/11/20/begini-cara-wni-di-luar-negeri-menyalurkan-suaranya-saat-pemilu-2019-mendatang?fbclid=IwAR3eucyLoPEbccamryoCUHhK69fsfz2kLDsOdDNjPo96sblC5KVX6S0Zpwc

4. Foto Banner Caleg PKS Bernama Hendrayani Bertuliskan Santun, Peduli, Poligami

Penjelasan : Telah beredar dimedia sosial sebuah unggahan foto yang bertuliskan Santun Peduli Poligami…???

setelah ditelusuri foto tersebut ditemukan di situs bukalapak bertuliskan Santun Peduli Profesional. Orang yang berada dalam foto tersebut adalah salah satu banner Caleg PKS, Hendrayani. Saat ditanya terkait foto banner Caleg PKS, Hendrayani, Kusnadi yang juga Sekretaris DPC PKS Pagerageung menyatakan foto banner Caleg Hendrayani yang terdapat tulisan poligami adalah tidak benar adanya atau hoaks dan fitnah.

“Ini hoax dan fitnah. Ni desain asli sya pak yang santun peduli dan profesional” kata Kusnadi, Kamis (21/3). Ia menjelaskan foto banner Caleg, Hendrayani yang dibuatnya bertuliskan Peduli, Santun dan Profesional, “desain awalnya dari saya tujuannya hanya untuk cheking desain az, terus sya yang posting di Bukalapak untuk penjualan banner. Jadi ga ada maksud lain,” tegas Kusnadi. “Dan yang sya posting di BL bukan caleg PKS saza tpi banyak dari Partai lainnya silahkan cek di lapak saya,” ujar Kusnadi.

Link Counter :

https://www.bukalapak.com/p/perlengkapan-kantor/alat-kantor/perlengkapan-kantor-lainnya/pfcief-jual-banner-caleg-ukuran-40-x-60-cm?fbclid=IwAR288PkEhvgwMJrwR92C35tPYZ7dl-wVTP01-bh36Tyl2lyZtnJQ8ybWZZkhttps://www.gokasima.com/2018/08/download-contoh-banner-caleg-format-cdr.html?fbclid=IwAR0zhL71snmNZClBAylu6XKkZczn_42SayS2gV2OgYqQ1w32rJ2jqUYPZR0

5. Biografi Prabowo Subianto

Penjelasan : Beredar sebuah postingan media sosial yang menerangkan biografi tentang Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto pada narasinya dituliskan bahwa Ayah dari Prabowo Subianto bernama asli “

Ayahnya bernama Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo yang bernama Asli Soo ming tauw (kanton) atau Soo minh doo (Hokian) menikah dengan Dora Marie Sigar Sumitro Djojohadikusumo, perempuan kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 21 September 1921 yang dikenal sebagai penganut Agama kristen yang taat” dituliskan pula pada narasinya keterangan yang menerangakan tentang putra tunggal Prabowo Subianto  “Agama Didiet putra Prabowo pun hingga kini tidak jelas bahkan putra Prabowo ini dikabarkan sebagai seorang Gay dan pendukung LGBT ini . Didiet menghabiskan sebagian masa sekolahnya di Boston, AS” Faktanya beberapa keterangan yang disampaikan narasi pada postingan tersebut, merupakan konten Disinformasi. Yaitu narasi yang menyebutkan nama asli Ayah dari Prabowo Subianto adalah Soo ming tauw (kanton) atau Soo minh doo (Hokian) dan narasi  yang menyebutkan Putra Tunggal Prabowo Subianto adalah Gay dan pendukung LGBT. Adapun kebenaranya nama asli Ayah dari Prabowo adalah Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo dan pemberitaan tentang anak sulung Prabowo yang disebutkan narasi pada  postinan adalah tidak benar alias Hoaks.

Link Counter :

https://id.wikipedia.org/wiki/Soemitro_Djojohadikoesoemo

https://tokoh.id/biografi/1-ensiklopedi/begawan-ekonomi-indonesia/

https://id.wikipedia.org/wiki/Prabowo_Subianto#Keluarga

http://redaksiindonesia.com/read/antara-pelarian-prabowo-dan-pelarian-sumitro.html

https://kumparan.com/@kumparannews/prabowo-subianto-dan-keluarganya

https://www.viva.co.id/siapa/read/102-prabowo-subianto-djojohadikusumo

https://www.vidio.com/watch/1499644-rumor-putra-prabowo-subianto-kampanye-dukung-lgbt https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3671113/cek-fakta-hoaks-foto-bukti-pemerintah-indonesia-sahkan-pernikahan-sejenis

6. 3 Bank Besar di Indonesia Sudah Jatuh ke Tangan Cina, Apalagi yang Mau di Jual Pemerintah?

Penjelasan : Telah beredar di media sosial Postingan yang bertuliskan “Selamat!! 3 Bank Besar di Indonesia Sudah Jatuh ke Tangan Cina, Apalagi yang Mau di Jual Pemerintah?”.

Setelah ditelusuri  Informasi ini telah beredar sejak tahun 2015 dan sudah diklarifikasi tentang “Kabar yang menyebutkan pemerintah menjaminkan kepemilikan bank BUMN ke Cina tidak benar Dana pinjaman akan dipakai untuk membiayai proyek jangka panjang”.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas membantah, isu yang menyebutkan pemerintah menjaminkan ketiga bank badan usaha milik negara (BUMN) untuk mendapatkan dana tersebut. Pinjaman yang ditandatangani pada 16 September lalu itu bersifat business to business (B to B). ?(Dijadikan jaminan oleh pemerintah) ini kan hoax. Nggak mungkin sahamnya jadi milik Cina, kalau pun kami nggak bisa bayar,? kata dia saat ditemui Katadata di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (21/9).

Link Counter :

https://katadata.co.id/berita/2015/09/21/ini-alasan-tiga-bank-bumn-pinjam-dana-dari-cinaahttps://turnbackhoax.id/2018/05/19/salah-tiga-bank-besar-indonesia-jatuh-ke-tangan-cina

(Kominfo/sat)